Tuesday, May 16, 2023

Proses Bisnis IGD Bethesda

 

Proses Bisnis IGD Bethesda
Proses Bisnis IGD Bethesda

Penjelasan

1. Pasien Datang ( bisa mandiri atau ambulance ) dengan Pengantar

2. Pengantar yang ada akan mendaftarkan pasien bersamaan Pasien akan diperiksa oleh Dokter yang tersedia

4. Jika perlu rontgent akan dilakukan proses rontgent ,dan jika perlu cek di laboratorium akan dilakukan cek laboratorium dan jika perlu radiologi akan dilakukan proses radiologi.

(Biasanya jika rontgent pasien akan menjalani rawat inap)

5. Setelah itu, akan dilakukan proses perawatan yang tanpa rontgent maupun dengan rontgent.

6. Menentukan pasien rawat inap/jalan.

Rawat Inap

Pengantar yang ada akan memilih ruang kemudian melengkapi rekam medis pasien bersamaan dengan itu petugas akan mengambilkan obat, setelah itu pasien akan diantar petugas ke ruang rawat inap yang dipilih serta diberi obat.Selanjutnya akan dilakukan proses rawat inap, jika pasien sembuh akan melakukan pembayaran bisa bpjs/mandiri jika belum akan melalui proses rawat inap lagi kemudian pasien pulang jika sudah melalui proses pembayaran.

Rawat Jalan

Pengantar akan langsung melaukan pembayaran kemudian diberi resep oleh dokter yang akan diambil di farmasi, kemudian pasien akan pulang. Pasien akan dirawat mandiri dirumah sesuai obat yang diberikan dan jika masih belum sembuh akan kembali ke tempat rawat jalan  kemudian menunjukkan rekam medis, melakukan pembayaran, diberi resep kemudian diambil ke farmasi dan pulang.

 

Masalah

RS Bethesda mempunyai alur IGD yang mementingkan perawatan/tindakan terlebih dahulu sebelum melakukan pembayaran. Hal itu sangatlah bagus karena kesehatan pasien lebih diutamakan apalagi orang sakit pasti akan berpacu dengan waktu, tetapi hal tersebut juga bisa berdampak ketika proses pembayaran terjadi. Proses pembayaran bisa menjadi masalah di akhir nanti, bisa jadi sebagian orang memang tidak mementingkan biaya untuk berobat tapi ada beberapa orang yang memang sangat sensitif terhadap biaya rumah sakit.

Oleh karena itu, pembayaran di akhir perawatan jika tanpa pemberitahuan dari awal tentang kisaran pembiayaan rumah sakit akan menjadi masalah. Contohnya saja jika pasien berasal dari keluarga menengah kebawah, apakah pasien tersebut sudah mendaftar BPJS untuk meringankan biaya rumah sakit? Terlebih lagi untuk mengedukasi pembiayaan orang seperti itu akan lebih sulit. Selebihnya adalah pembiayaan di akhir dapat menyebabkan banyaknya tindakan medis yang sebenernya tidak perlu tetapi dilakukan oleh pihak rumah sakit sehingga menyebabkan biaya yang besar.

Solusinya adalah pihak rumah sakit harusnya memberikan edukasi pembayaran dan kisaran biaya rumah sakit di awal pendaftaran sehingga pasien dapat memperkirakan anggarannya. Kedua, rumah sakit wajib menjelaskan tindakan medis yang dilakukan apakah sesuai dengan SOP yang ada atau malah berlebihan yang membuat biaya menjadi besar, penjelasan tersebut baiknya dilakukan di awal dan di akhir untuk mencocokkan.

Artikel Terkait

Life with colorful experience

Newest Post


EmoticonEmoticon