Tuesday, September 13, 2016

Apa itu System Analyst

System Analyst

System Analyst merupakan pekerjaan seseorang yang sudah berpengalaman dari berbagai bidang untuk membangun suatu project, karena tidak mungkin orang yang masih pemula menjadi seorang system analyst. Untuk mengetahui seberapa tinggi tingkatan untuk menjadi system analyst, maka kita klasifikasikan siapa saja yang bekerja sama (stakeholder) untuk membuat suatu project program :
1. System Owners ( Penyumbang dana)
2. System User (Pengguna)
3. System Analyst (.....)
4. Sytem Designer ( Membuat design suatu project program)
5. System Builder ( Pembangun code untuk membentuk suatu project program)
6. IT Vendors/Konsultan ( Pemasaran program jika jadi )

Dari klasifikasi di atas, berarti dapat kita simpulkan bahwa system analyst tugasnya adalah menjembatani 4 stakeholder dan mempelajari masalah untuk meningkatkan kualitas bisnis. Peran system analyst ini sangat penting karena pekerjaannya ada di semua bagian stakeholder sebagai penjembatan antara klarifikasi , agar dalam komunikasinya tidak terjadi misscom/salah paham dalam pembuatan suatu program, mengapa? karena setiap stakeholder memiliki bahasa yang berbeda dan sulit dipahami oleh stakeholder lain, agar mudah maka ada system analyst. Jadi sytem analyst harus mengerti setiap bahasa yang akan digunakan, maka harus berpegalaman dalam setiap bidang stakeholder.
Untuk tanggung jawab system analyst sebagai berikut :
1. Menangkap data yang efisien
2. Menjaga aliran dari data ke komputer
3. Memproses dan menyimpan data
4. Aliran data pengguna kebmbali ke bisnis & orang-orang dengan baik

System Analyst juga mempunyai variasi yaitu untuk bisnis dan programmer. Memiliki istilah lain juga yaitu information engineer, system integrator, system engineer ,dll. Jadi, system analyst merupakan pekerjaan yang dicari untuk membangun suatu project, bayarannya pun pastinya tidaklah sedikit karena tingkatannya sudah diatas stakeholder yang lain/ sudah berpengalaman di bidang stakeholder.
Demikian yang saya sampaikan mengenai "Apa itu System Analyst?" ,
Salam Programmer !!!

Artikel Terkait

Life with colorful experience


EmoticonEmoticon