Monday, May 10, 2021

Pengantar API


Alur Kerja API 1
Gambar 1 Alur Kerja API

API (Application Programming Interface) merupakan software interface yang terdiri atas kumpulan instruksi yang disimpan dalam bentuk library dan menjelaskan bagaimana agar suatu software dapat berinteraksi dengan software lain. Secara struktural, API merupakan spesifikasi dari suatu data structure, objects, functions, beserta parameter-parameter yang diperlukan untuk mengakses resource dari aplikasi tersebut. Seluruh spesifikasi tersebut membentuk suatu interface yang dimiliki oleh aplikasi untuk berkomunikasi dengan aplikasi lain, dan API dapat digunakan dengan berbagai bahasa programming, ataupun hanya dengan menggunakan URL (Uniform Resource Locator) yang telah disediakan oleh suatu website.

Gambar 1 menunjukan bahwa client tidak berhubungan secara langsung dengan database, melainkan dijembatani oleh API, sehingga beberapa client dapat berinteraksi dengan basis data melalui API.

Alur Kerja API 2
Gambar 2 Alur Kerja API


Gambar 2 menunjukan interaksi antar client dengan API dan API dengan basis data, ini merupakan salah satu keunggulan penggunaan API. Penerapan API dapat mempermudah pengembangan pada skala yang lebih besar dan ini juga mendukung kemajuan bisnis berbasis teknologi.
Penggunaan API memberikan keuntungan lebih lainnya seperti requect data yang lebih cepat dibandingkan tanpa menggunakan API. Gambar 3 berikut ini menunjukan kelebihana API pada arsitektur client server.

API vs WEB
Gambar 3 API vs WEB

Dalam Bahasa pemrograman PHP, terdapat dua metode yang dapat digunakan untuk mengelola data JSON, yaitu json encode dan json decode. Sederhananya json_encode adalah metode yang digunakan untuk mengubah array menjadi json.

Pengujian tehadap API dapat dilakukan dengan menggunakan sebuah aplikasi yang berjalan pada browser chrome, yaitu postman. Postman merupakan aplikasi yang berfungsi sebagai REST client untuk uji coba REST API. Pada postman terdapat beberapa metode yang dapat digunakan, seperti POST, GET, PUT, DELETE dan sebagainya.

Public API merupakan sebuah API atau Rest API yang dapat diakses secara public, walaupun dapat diakses secara public didalamnya terdapat aturan-aturan yang harus dipenuhi oleh pengembang. Sebagai contoh adalah API yang disediakan oleh OMDb.


Artikel Terkait

Life with colorful experience


EmoticonEmoticon