Friday, June 26, 2020

Pengantar Javascript





Javascript adalah Bahasa pemrogrman tingkat tinggi dan dinamis. Penggunaan javascript biasanya dikombinasikan dengan beberapa Bahasa pemrograman lain, seperti html, php dan css. Penulisan javascript pada file dengan ekstensi php adalah dengan menyisipkan tag <script> diawal dan </script> diakhir.

Penulisan variabel pada javascrip sedikit berbeda dengan php, penulisan variabel pada php diawali dengan simbol $, sedangkan pada javascript penulisan variabel diawali dengan menggunakan perintah var.

Menjalankan javascript cukup menggunakan browser, untuk pengalaman yang lebih baik dapat menggunakan browser google chrome. Javascript biasanya digunakan pada bagian client side, karena salah satu kegunaan javascript adalah menjadikan website menjadi interaktif dan lebih menarik.

Pada javascript terdapat struktur kendali, perulangan dan fungsi, selain itu pada javascript juga terdapat event handler. Event handler biasanya digunakan untuk mengembangkan game. Beberapa event yang tersedia pada javascript adalah sebagai berikut.

Event Handler:
      onblur
      onchange
      onclick
      ondblclick
      onerror
      onfocus
      onkeydown
      onkeypress
      onkeyup
      onload
      onmousedown
      onmousemove
      onmouseout
      onmouseover
      onmouseup
      onreset
      onresize
      onselect
      onsubmit
      onunload

Validasi Dengan Javascript
Javascript sering digunakan untuk menangani elemen form yang kosong atau elemen form yang belum diisi, proses ini disebut sebagai validasi form. Validasi form dengan menggunakan javascript sangat membantu dalam hal menangani kesalahan yang dilakukan oleh user. Penggunaan validasi form juga mengurangi beban server dalam menangani kesalahan yang terjadi. Ini dapat membantu mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Grafik Pada Javascript
Grafik merupakan salah satu fitur yang sering digunakan pada dashboard website, kegunaan dari grafik dapat mempermudah user untuk membaca data yang diberikan. Javascript dapat digunakan untuk membuat grafik yang lebih interaktif dan terkesan lebih modern.

Beberapa pustaka menyediakan grafik yang dapat langsung digunakan pada halaman website. Data yang ada pada grafik ini dapat berupa data yang statis, artinya untuk mengubah data tersebut harus dilakukan melalui kode program. Agar data yang digunakan dapat diubah melalui basis data, pada kode tersebut lakukan encode pada variabel php yang digunakan.

Artikel Terkait

Life with colorful experience

1 komentar so far


EmoticonEmoticon