Wednesday, June 28, 2017

Apa itu Database Management System atau DBMS





Perkembangan tekonologi dan informasi dalam dunia tidak pernah berhenti seiring perkembangan zaman.Selalu ada perubahan-perubahan yang dilakukan oleh manusia untuk mempermudah segala sisi kehidupan. Dalam posting kali ini akan membahas cara kerja DataBase Management System (DBMS). DBMS tersebut mempunyai fungsi sebagai berikut : 


1. Menyediakan pelayanan untuk menyimpan,mengupdate dan mengakses basis data

2. Menyediakan mekanisme untuk mengendalikan proses concurrent integrity dan security untuk suatu basis data

3. menyediakan mekanisme untuk mengakses karakteristik suatu basis data.


Utamanya DBMS digunakan untuk mempermudah dalam proses penyimpanan data yang dilakukan oleh manusia ke dalam suatu database. DBMS sendiri telah menggunakan fungsi-fungsi khusus yang lebih singkat untuk membuat data lebih terstruktur dan mudah diakses kembali atau sering disebut CRUD(Create,Read,Update,Delete). DBMS memiliki 5 komponen dibawah ini :



Kemudian, apa bedanya basis data dan data?. Basis data atau sering disebut database adalah kumpulan data yang disimpan secara terstruktur dalam bentuk file (tabel), mempunyai hubungan antara satu file dengan file yang lain sesuai dengan kebutuhan informasi yang akan dilayaninya.Jika terdapat file yang tidak dapat dipadukan atau dihubungkan dengan file yang lainnya, berarti file tersebut bukanlah kelompok dari satu database, ia akan dapat membentuk satu database sendiri.

Selanjutnya adalah data berasal dari bahasa latin datum yang artinya fakta/kenyataan yang berkembang sehingga tidak saja mencakup realita tetapi juga ide, sehingga data adalah:
• deskripsi (yang tidak akan pernah bersifat “complete”) tentang: fenomena dan ide.

• disajikan sesuai dengan cara persepsi tertentu

• direkam dengan cara tertentu



Fenomena dan ide yang disebutkan dapat mencakup:

• “event” (kejadian/peristiwa)

• “object”/ “things” (beserta atributnya)

• “concept

Artikel Terkait

Life with colorful experience


EmoticonEmoticon