Tuesday, June 27, 2017

Pemrograman Berorientasi Objek atau OOP

Pemrograman Berorientasi Objek (PBO) atau Object Oriented Programming (OOP) adalah suatu cara pembuatan program yang mengorganisasikan (menyatukan) variabel dan fungsi ke dalam suatu tipe data yang disebut tipe data Referensi (Reference Type/ Non Primitive). Pembuatan tipe data referensi ini diwujudkan dalam sebuah program yang disebut kelas (class) yang di dalamnya terdapat variabel yang disebut field dan fungsi yang disebut metode.
Berbeda dengan pemrograman terstruktur, pemrograman berorientasi objek mempunyai konsep pikir bahwa data (variabel) dan program (metode) merupakan satu kesatuan untuk tiap-tiap entitas, dalam hal ini misalnya untuk membuat program menentukan suatu bilangan apakah Prima atau bukan, maka setiap data yang akan diperiksa menjadi nilai yang dimiliki oleh objek tersebut, kemudian untuk mengetahui apakah bilangan tersebut prima atau bukan di dalam objek tersebut tersedia metode yang dapat memberitahukan, misalnya program di atas dapat ditulis dalam bentuk kelas dalam pemrograman berorientasi objek seperti berikut:
Kelas Java

Kelas di atas disebut "Object Class", program di atas belum bisa dieksekusi, program ini dirancang untuk dijadikan objek (instan), karena masih dalam bentuk konsep/gambaran/blue print dari program (objek) yaitu berupa kelas (Class). Kelas ini memang didesain khusus untuk dibuat menjadi objek (diinstansiasi) sehingga kelas ini tidak mempunyai metode main. Sekian terimakasih :)

Artikel Terkait

Life with colorful experience


EmoticonEmoticon