Wednesday, July 19, 2017

WhatsApp Diblokir di Cina


Cina telah memblokir beberapa layanan pada aplikasi olah pesan yaitu WhatsApp. Layanan yang diblokir berupa video,foto,suara sehingga pesan teks masih dapat digunakan olah pengguna WhatsApp. Beberapa pengguna WhatsApp di Cina bahkan telah melaporkan kejadian tersebut dan ada yang mengatakan bahwa gambar,foto dan suara hanya dapat diakses menggunakan VPN(Virtual Private Network) untuk dapat menghindar filter pemblokiran yang dilakukan pemerintah Cina.

Pada Rabu pagi hari WhatsApp masih berjalan normal tetapi setelah itu mulai banyak gangguan yang dialami penggunanya. Gangguan yang datang diklaim akibat pemblokiran yang dilakukan oleh pemerintah Cina.

Pengguna WhatsApp memperatikan selama beberapa akhir pekan bahwa WhatsApp tidak mengirim gambar,video dan pesan suara di group maupun pesan antar personal meskipun pada layanan teks masih dapat berjalan normal. Gangguan tersebut terus berlangsung hingga Selasa malam. Pemerintah Cina juga belum mengatakan tentang perihal pemblokiran WhatsApp.

Pihak WhatsApp yang menanggapi hal tersebut tidak berkomentar banyak dan hanya mengatakan kepada pengguna hanya merupakan kesalahan dalam sistem tersebut. Dari uji beberapa pihak di beijing juga mengatakan bahwa ada gangguan layanan sejak Rabu pagi.

Menurut laporan dari internet tentang sensor dari sekelompok advokasi group yaitu Freedom House mengatakan bahwa WhatsApp diblokir di 12 negara karena merupakan aplikasi pesan yang melebihi aplikasi yang lainnya.

Dalam rangka Cina meningkatkan sensor online yang memiliki konten sensitif terutama tentang politik. Menyebabkan pemerintah baru-baru ini memblokir beberapa media sosial dan bahkan pesan pribadi yang membangkang pemerintahan Cina. Dari totalnya sudah memblokir beberapa media sosial termasuk Facebook, Instagram dan Twitter. Search Enggine seperti Google juga diblokir serta Telegram yang baru-baru ini diblokir di Indonesia. Kepopuleran WhatsApp di Cina sendiri juga menyebabkan pemblokiran apalagi Cina lebih mementingkan produk lokalnya seperti Searc Engginenya yaitu Baidu dan beberapa aplikasi lainnya.

Artikel Terkait

Life with colorful experience


EmoticonEmoticon