Sunday, June 25, 2017

3 Faktor Pendorong Pemakaian Teknologi Informasi

Seiring dengan semakin kompleks-nya suatu Sitem Informasi dan semakin baik dan murah-nya Teknologi Informasi sekarang ini, maka Sistem Informasi Berbasis Komputer menjadi suatu kebutuhan utama dalam berbagai macam bisnis. Teknologi Infomasi adalah sekumpulan alat dan metode yang digunakan untuk menjamin ‘kesehatan’ dari suatu bisnis. Pemakaian Teknologi Informasi dalam suatu bisnis tidak boleh dilakukan dengan tanpa perhitungan, karena tujuan dari pemakaian Teknologi Informasi adalah utnuk meningkatkan keuntungan bisnis, oleh karena itu pemakaian Teknologi Informasi paling tidak harus didasari oleh 3 alasan :

  • Banyaknya Transaksi
Kemampuan manusia sangat terbatas, jika transaksi (perubahan) menjadi sangat banyak dan perlu didokumentasikan (disimpan sejarahnya), maka untuk mengorganisasikan informasi yang sangat banyak itu akan sangat sulit tanpa memanfaatkan Teknologi Informasi. Kecepatan dan keakuratan informasi menjadi masalah yang signifikan ketika transaksi menjadi semakin banyak, sehingga dibutuhkan sekumpulan alat dan metode untuk mengelola informasi.

  • Ketersebaran
Masalah ketersebaran pengguna informasi merupakan kendala bagi kelancaran pertukaran informasi, dengan memakai Teknologi Informasi dan komunikasi, masalah ketersebaran dapat diatasi, melalui Teknologi Komunikasi (sambungan telpon, kabel optis, gelombang radio maupun satelit) dan Jaringan komputer, transaksi dapat dilakukan hampir serentak (on line) pada lokasi yang terpisah secara geografis.

  • Keunggulan Kompetitif Dalam Berbisnis
Teknologi Informasi dapat memberikan pelayanan kepada konsumen dengan lebih baik, lebih cepat, lebih mudah dan praktis. Dengan adanya fasilitas ATM pada Bank, fasilitas pembayaran rekening-rekning Listrik, Air dan Telpon melalui kartu ATM, transaksi melalui Hand Phone dan sebagainya membuat Teknologi Informasi menjadi selling point (daya tarik) dalam berbisnis, karena membuat kehidupan konsumen menjadi lebih nyaman.

Artikel Terkait

Life with colorful experience


EmoticonEmoticon