Sunday, June 25, 2017

Apa itu Sistem Operasi Komputer atau Laptop

Sistem Operasi 


Sistem Operasi merupakan perangkat lunak yang menjadi perantara antara pengguna dengan perangkat keras komputer. Sistem komputer modern terdiri dari sejumlah perangkat keras seperti prosesor, memory, harddisk, monitor, keyboard, dan sebagainya. Meskipun perangkat-perangkat tersebut dibekali dengan teknologi yang mumpuni, kita tidaklah mampu berkomunikasi, menyatukan fungsi-fungsi, dan memerintahkan secara langsung perangkat-perangkat tersebut untuk melakukan suatu pekerjaan yang kita inginkan. Oleh karena itu, kita perlu sebuah perangkat lunak yang menjadi media perantara yang berfungsi memanajemen perangkat tersebut dan sekaligus menyediakan lingkungan untuk kita mengoperasikan program. Tanpa sistem operasi, kita tidak bisa memanfaatkan komputer.


Source: StatCounter Global Stats - OS Market Share
Saat ini, terdapat beberapa sistem operasi yang bisa kita gunakan untuk mengoperasikan komputer. Microsoft Windows merupakan sistem operasi yang paling populer digunakan. Sementara terdapat juga sistem operasi seperti Linux, Mac OS, UNIX, dan sebagainya yang menawarkan fitur-fitur yang berbeda. Berdasarkan data dari StatCounter (juli 2017), total semua versi Microsoft Windows menguasai sekitar 37.03 % pangsa pasar. Dengan demikian, tidaklah heran bahwa kebanyakan program komputer yang ada di pasaran dikembangkan untuk berjalan di atas sistem operasi ini.

Perkembangan Windows sendiri dimulai dari sistem operasi DOS (Disk Operating System) yang berbasis teks dan kemudian berkembang menjadi sistem operasi Windows 95 yang menggunakan GUI (Graphical User Interface). Windows versi-versi berikutnya yang telah diliris hingga saat ini adalah Windows 98, Windows Me, Windows XP, Windows Vista, Windows 7,Windows 8 dan Windows 10.

Secara umum, semua versi windows berbasis GUI yang telah dirilis memiliki cara pengoperasian yang hampir sama dengan mengandalkan halaman desktop sebagai halaman utama untuk mengakses program dengan mouse dan keyboard sebagai media input. Oleh karena itu, versi Windows yang akan kita gunakan untuk pembelajaran (Windows XP), walaupun bukan versi yang terbaru tidak akan begitu masalah.

Artikel Terkait

Life with colorful experience


EmoticonEmoticon