Sunday, June 25, 2017

Tips dan Trik Memelihara Software Komputer atau Laptop Part 2

Ini merupakan posting lanjutan dari Tips & Trik Memelihara Software Komputer/Laptop (1).

Backup dan Restore

Sistem operasi Windows sendiri bisa saja mengalami kerusakan baik karena virus komputer maupun karena kesalahan penggunaan. File-file system operasi yang terletak di drive C jika mengalami kerusakan bisa menyebabkan sistem operasi tidak bisa dijalankan. Untuk mencegah hal-hal tersebut, windows menyediakan fitur untuk melakukan backup sistem dan mengembalikan (restore) ke saat terakhir kali backup.

Backup dan Restore Windows

Untuk mengakses fitur tersebut, dari start menu pilih control panel --> system and security --> backup and restore . Buat restore point dengan memilih set up back-up dan tekan next. Masukkan deskripsi backup tersebut dan tekan tombol Create. Begitu kita membuat restore point, ke depan, apabila Windows mengalami kerusakan kita bisa mengembalikannya ke keadaan semula ketika restore point dibuat.

Perlu diketahui bahwa restore point hanya mengembalikan pengaturan dan program-program pada sistem operasi Windows. File-file dokumen non-sistem tidak akan mengalami perubahan. Oleh karena itu, anda tetap perlu secara rutin menduplikasi file-file penting ke media lain (akan diperdalam saat mempelajari materi cloud computing).


Task manager

Task manager merupakan fasilitas yang disediakan windows untuk melihat dan mengontrol semua daftar program yang sedang berjalan di komputer. Kita bisa mengaksesnya dengan menekan kombinasi tombol Ctrl+Alt+Delete atau pada klik kanan pada Taskbar dan pilih Task Manager.



Task Manager Windows

Kadang program tertentu yang terlalu berat ataupun terjadi kesalahan pada program itu sendiri membuatnya berhenti respon ketika digunakan. Program-program tersebut menyebabkan komputer menjadi lambat dan sulit dimatikan. Untuk itu, kita bisa menghentikan program tersebut melalui task manager. Klik kanan pada program tersebut dan pilih End Task.

Pada task manager terdapat tab ‘Processes’ yang berisi daftar proses yang sedang berjalan. Tab application berisi program-program yang memiliki antarmuka sementara proses bisa saja berupa program-program yang tidak memiliki antarmuka. Kita bisa menghentikan proses-proses tersebut dengan dengan memilih proses dan menekan tombol End Process.
Perhatian: jika anda kurang memahami, jangan sembarang menghentikan proses, karena bisa saja proses tersebut merupakan proses yang dibutuhkan sistem operasi windows untuk tetap berjalan normal.

Artikel Terkait

Life with colorful experience


EmoticonEmoticon