Tuesday, July 4, 2017

Pemahaman Dasar SQL





Structured Query Language
Structured Query Language (SQL) adalah bahasa perintah yang digunakan oleh Database Management System dan berupa teks (string) untuk menyampaikan permintaan kepada database server. Bahasa SQL ini memiliki keseragaman dengan menggunakan bahasa ANSI 99. Bahasa SQL ini biasanya digunakan untuk mengatur data terutama untuk database relational. Berdasarkan perintahnya, SQL dibedakan menjadi beberapa kategori, yaitu :

1. Select Statement / Query Command
Select statement adalah perintah SQL yang digunakan untuk mengembalikan nol atau lebih dari nol baris data yang ada dalam tabel. Terdapat bagian – bagian dalam select statement, yaitu :
a. Select : Bagian ini berisi nama kolom yang akan di tampilkan isi datanya.
b. From : Bagian ini berisi nama tabel yang akan di tampilkan isi datanya
c. Where : Bagian ini berisi kondisi dan batasan yang digunakan untuk menampilkan data
d. Group by : Bagian ini berisi fungsi mengelompokkan yang digunakan terutama untuk fungsi agregate
e. Having : Biasanya digunakan bersamaan dengan perintah group by dan digunakan untuk membatasi perintah group by
f. Order by : Bagian ini digunakan untuk mengurutkan data.

2. Data Definition Language
Data Definition Language adalah perintah yang digunakan untuk mendefinisikan struktur dari suatu obyek database, diantaranya tabel, view, dan obyek database lainnya. Data Definition Language terdiri dari Create, Alter, dan Drop. Fungsi create digunakan untuk menciptakan struktur dari obyek database. Alter digunakan untuk memodifikasi struktur dari obyek database. Sedangkan Drop digunakan untuk menghapus struktur dari obyek database / menghapus obyek database tersebut.

3. Data Manipulation Language
Data Manipulation Language adalah perintah yang digunakan untuk mengubah data, baik itu memasukkan data, mengubah data, dan menghapus data.
 
4. Data Control Language
Data Control Language adalah perintah SQL yang digunakan untuk mengatur akses pengguna terhadap data yang tersimpan dalam database. Grant dan Revoke merupakan perintah yang sering digunakan untuk melakukan pengawasan terhadap akses pengguna.

5. Transaction Control Language
Transaction Control Language adalah bahasa perintah SQL yang digunakan untuk mengatur proses
transaksi yang terdapat dalam database. Perintah Transaction Control Language ini dilakukan setelah perintah DML. Perintah yang termasuk dalam DML adalah commit, rollback, dan savepoint.

Sekian posting kali ini yang membahas tentang pemahaman dasar SQL, Good Luck :)

Artikel Terkait

Life with colorful experience


EmoticonEmoticon