Saturday, September 21, 2019

Tipe Jaringan Komputer

Terdapat dua tipe utama dalam jaringan yaitu :

  • Peer to peer (workgroup)
  • Client Server (Domain)
Peer to peer (workgroup)
Pada jaringan tipe ini semua komputer berkedudukan sama, dapat bertindak sebagai sebuah PC client (information requestor) maupun PC server (information provider). 
Peer To Peer
Client Server (Domain)
Pada jaringan tipe ini terdapat sebuah PC server yang berfungsi untuk mengatur, dan membagikan informasi kesetiap PC client yang terhubung dengannya. 
Client

Server (pelayan) menyediakan sarana untuk client (pemakai jasa) untuk mengambil data, sharing perangkat keras dan mengkonfigurasi security pada suatu jaringan.

Topologi Jaringan
Topologi adalah susunan geometri beberapa komputer terminal (node) dan sistem kabelnya pada suatu jaringan komputer. Penentuan topologi jaringan akan berpengaruh pada:
  • Tipe peralatan (equipment) jaringan yang dibutuhkan,
  • Kemampuan peralatan (equipment),
  • Pertumbuhan Jaringan,
  • Penanganan manajemen jaringan.
Bentuk topologi dapat dilihat secara fisik yaitu dengan melihat bentuk pengkabelan yang digunakan maupun secara logika yaitu dengan melihat bagaimana aliran data melalui topologi jaringan tersebut. 

Bus (Linier Bus)
Pada topologi Bus, setiap komputer dihubungkan dengan sebuah kabel tunggal yang disebut trunk, backbone, atau segment. media koneksi yang digunakan adalah kabel CoAX (RG58) atau 10Base-2.
Linier Bus

Untuk mengefisiensikan penggunaan jaringan, digunakan metode CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access / Collision Detected) yang dapat mengurangi terjadinya masa tenggang (saluran kosong) dengan mendeteksi tabrakan informasi. 

Topologi Star
Pada topologi Star, setiap komputer dikonsentrasikan pada sebuah komponen yang disebut HUB/Multipoint Repeater/Concentrator sehingga membentuk seperti Bintang.
Topologi Star

Media koneksi yang digunakan adalah kabel UTP atau 10/100/1000Base-T.

Topologi Ring
Topologi Ring
Pada topologi Ring, setiap komputer dihubungkan dengan sebuah kabel tunggal sehingga membentuk lingkaran tanpa memiliki ujung kabel. Topologi ini mirip seperti topologi BUS dan setiap komputer akan mempengaruhi sinyal data. Media koneksi yang digunakan adalah kabel UTP cat 3 atau TokenRing 

Artikel Terkait

Life with colorful experience

1 komentar so far

This comment has been removed by the author.


EmoticonEmoticon