Thursday, July 13, 2017

10 Tips Mencegah Jerawat

Jerawat merupakan salah satu bagian yang mengganggu di wajah kita, biasanya akan muncul saat kita beranjak remaja. Jerawat bisa menjadi sangat banyak dan susah untuk dihilangkan, maka dari itu kita harus mencegahnya terlebih dahulu daripada kita mengobati. Untuk itu simak 10 tips mecegah jerawat berikut:


1.      Jangan tidur dengan menggunakan make-up


Simple kan? Ketika kita tidur, kita menghasilkan keringat yang akan bercampur dengan make-up yang kita gunakan. Bila make-up tidak dibersihkan, maka make-up dapat semakin meresap ke dalam pori-pori dan akan menimbulkan kuman dan bakteri dapat berkembang biak dan menghasilkan jerawat. Bersihkan make-up sebelum tidur agar dapat mencegah perkembangbiakan kuman bakteri penyebab jerawat.

2.      Angkat sel kulit mati


Mengangkat sel kulit mati dapat dilakukan dengan “scrub” maupun “exfoliate” menggunakan berbagai macam produk yang telah beredar di pasaran maupun menggunakan bahan alami seperti menggunakan campuran gula pasir dengan minyak zaitun. Fungsinya untuk mengangkat sel kulit mati, sisa kosmetik maupun kotoran yang mengendap di pori-pori kulit-- membuat kulit sulit “bernafas” sehingga dapat menimbulkan tumbuhnya bakteri pemicu jerawat. Cukup lakukan 1-2 kali dalam seminggu, karena bila terlalu sering justru dapat membuat kulit terlalu kering.

3.      Bersihkan peralatan make-up 1x seminggu


Kita perlu membersihkan alat-alat make-up yang kita gunakan, paling tidak seminggu sekali. Menggunakan peralatan make-up yang kotor sama dengan kita meratakan kuman dan bakteri ke seluruh permukaan kulit kita, dan dapat menimbulkan jerawat. Cara membersihkan kuas, misalnya adalah dengan menuang sedikit sabun ke telapak tangan dan beri sedikit air, kemudian gosokkan ujung kuas hingga berbusa. Pastikan seluruh make-up sudah terangkat dari kuas. Bilas dengan air mengalir kemudian keringkan.

4.      Hindari terlalu sering menyentuh wajah


Tangan kita jauh lebih sering menyentuh berbagai macam benda daripada wajah kita. Karena itu, tangan beresiko mengandung lebih banyak kuman dan bakteri. Semakin sering kita menyentuh wajah dengan tangan yang belum dicuci, semakin besar pula kemungkinan penyebaran kuman dan bakteri dari tangan ke permukaan wajah.

5.      Konsumsi air putih


Minimal kita harus mengkonsumsi 8 gelas air setiap harinya agar tubuh kita menjadi bugar dan kulit menjadi segar. Mengkonsumsi banyak air putih dapat membantu proses detoksifikasi  dan mengeluarkan racun maupun kotoran dari dalam tubuh. Sehingga tubuh dapat selalu merasa segar.

6.      Olahraga


Kehidupan modern membuat sebagian besar orang disibukkan dengan rutinitas sehingga membuatnya tidak punya waktu dan malas untuk berolahraga. Padahal, berolahraga selain dapat membuat tubuh menjadi sehat juga dapat melancarkan peredaran darah dibawah permukaan kulit sehingga toxin dapat dikeluarkan dari dalam tubuh. Namun jangan lupa untuk membersihkan kulit setelah berolahraga, agar minyak, kotoran maupun keringat tidak menempel pada kulit yang justru dapat membuat kulit berjerawat.

7.      Konsumsi buah dan sayur


Manfaat baik dari bermacam-macam buah dan sayuran tidak asing dan tidak dapat diragukan lagi kebenarannya. Sayur dan buah mengandung berbagai macam mineral dan protein yang baik bagi kulit, serta mengandung antioksidan yang dapat mencegah radiasi buruk yang diterima tubuh kita.

8.      Menjaga kelembaban


Ketika kita mencuci muka, kulit akan kehilangan sebagian dari kelembabannya. Ketika kita menggunakan sabun yang terlalu keras atau menggunakan sabun dengan jumlah yang terlalu banyak dan terlalu sering, kulit menjadi terlalu kering, kemudian tubuh akan memproduksi banyak minyak yang justru membuat wajah menjadi berjerawat. Sehingga pastikan kita tidak terlalu sering mencuci muka dan gunakan sabun yang cocok. Ada baiknya jika kita menggunakan krim pelembab yang dapat membantu meremajakan kulit.

9.      Gunakan make-up yang cocok dengan kulit kita


Setiap orang memiliki kulit yang berbeda-beda. Jadi, tidak selalu make-up yang pas untuk saudara kita, akan pas untuk kita. Kenali gejala awal reaksi ketidak cocokan kulit kita dengan kosmetik yang digunakan. Bila kulit mengalami kemerahan disertai rasa panas dan pedih setelah menggunakan suatu kosmetik, atau timbul jerawat maupun gejala-gejala lainnya yang membuat kondisi kulit menjadi buruk—hentikan pemakaian kosmetik tersebut dang anti dengan kosmetik lain.

10.  Ganti sarung bantal 1x seminggu


Ketika kita tidur, wajah akan memproduksi minyak dan keringat yang dapat menempel pada permukaan sarung bantal. Bila kita malas mengganti dan mencuci sarung bantal kita, keringat dan minyak yang menempel dapat memicu pertumbuhan bakteri, kuman dan jamur yang nantinya akan kembali menempel pada wajah kita dan dapat menyebabkan jerawat pada wajah.

Artikel Terkait

Life with colorful experience


EmoticonEmoticon