Thursday, July 13, 2017

Pengenalan Afirmasi

Apa itu afirmasi?
Dalam KBBI, afirmasi memiliki beberapa arti :
1. Penetapan yang positif; penegasan; peneguhan
2. Pernyataan atau pengakuan yang sungguh – sungguh (di bawah ancaman hukum) oleh orang yang menolak melakukan sumpah; pengakuan



Hmm..
Afirmasi.
Pernah ada yang dengar kata ini?
Afirmasi adalah pernyataan positif yang menggambarkan keadaan yang diinginkan.

Tahukah kamu? Keadaan yang kita alami saat ini adalah hasil dari pemikiran kita. Hasil pikiran ini kita tuangkan dalam kata – kata dan tindakan yang dapat mewujudkan niat kita ini. Dalam hal mencapai sesuatu, afirmasi dapat membantu kita dalam membiasakan kita untuk selalu berfikir bahwa segala sesuatu dapat terjadi.

Dengan terus menerus mengulang pernyataan yang positif, maka akan terbentuk kebiasaan untuk berpikiran selalu positif. Hal ini akan mempengaruhi pikiran bawah sadar untuk mengambil tindakan dan berusaha mewujudkan pernyataan tersebut menjadi kenyataan.


Kata – kata dapat berfungsi sebagai pembangun atau malah penghancur. Kata – kata yang kita rangkai adalah kata – kata yang akan membawa kita ke situasi yang kita inginkan atau malah situasi yang berbahaya. Jadi perhatikan pula cara merangkai kata – kata, karena hanya kata – kata yang menggambarkan situasi yang positiflah yang akan membawa kita ke keadaan yang positif.

Perhatikan kata – kata ini :

Aku tidak bisa melakukannya.
Aku tidak yakin bisa meraih target.
Aku mungkin gagal kali ini.

Kata – kata yang seperti ini hanya akan membawa kamu ke dalam situasi yang tidak kamu inginkan. Apalagi jika kata – kata ini menjadi sebuah kebiasaan untuk diucapkan, tentunya kamu akan sulit atau bahkan tidak pernah mendapatkan keadaan positif yang kamu idam – idamkan.
Perhatikanlah setiap kata yang hendak terucap. Ubahlah kalimat positif yang masih memiliki makna negatif.
Misalkan :
Saya tidak bodoh                 menjadi Saya pandai
Saya terhidar dari penyakit   menjadi Saya sehat

Lebih disarankan pula untuk mengubah kalimat yang sifatnya nanti menjadi sekarang. Misalkan :

Saya akan menjadi kaya suatu saat         menjadi Saya kaya sekarang
Saya akan menjadi lebih cantik kelak menjadi Saya cantik

Menerapkan afirmasi haruslah dengan cara yang tepat. Santai dan fokus juga merupakan hal yang tidak boleh dilewatkan. Jika kita santai, maka pikiran kita pun menjadi relax sehingga tidak tegang, biarlah pikiran tersebut terbiasa memikirkan hal – hal positif tanpa adanya tekanan yang mungkin bisa memgubahnya menjadi hal yang tidak kita inginkan. Fokus, pikiran yang fokus terhadap sesuatu akan membuat apa yang akan kita capai itu tidak tergoyahkan. Pikiran kita tidak goyah oleh hal – hal konyol yang mungkin saja tak sengaja lewat namun bisa membuyarkan segalanya.

Merangkai kata – kata menjadi suatu pernyataan positif, mengatakannya berulang – ulang, menjadi santai dan fokus, merasakan, dan berusaha dengan tekun dalam mengubah kebiasaan yang kurang baik menjadi kebiasaan – kebiasaan yang lebih positif serta menganggap apa yang diinginkan terjadi saat ini juga, inilah afirmasi. Dengan menerapkan afirmasi dengan benar, maka bisa dipastikan kamu bisa berhasil mendapatkan keadaan yang kamu inginkan, tentunya bukan keadaan yang merugikan siapapun.

Hal yang perlu diingat adalah, kita harus hati – hati dalam memikirkan sesuatu, pikiran kita ini akan memancarkan sinyal ke alam semesta, dan entah kapan waktunya, tentu saja alam semesta akan merespon sinyal yang kita kirimkan tersebut. Apapun yang kita kirimkan, baik negatif, maupun positif tentu saja semua akan direspon. Dan responnya pun bisa baik maupun buruk. Satu hal yang saya tahu, sesuatu yang baik dan positif sudah jelas akan direspon secara baik dan menghasilkan yang baik pula.
Terimakasih.

Artikel Terkait

Life with colorful experience


EmoticonEmoticon